PENANAMAN NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PUPUT PURWITA SARI, 1323310091 (2017) PENANAMAN NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
PUPUT PURWITA SARI_PENANAMAN NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA KELAS IV DI MI MAARIF NU 1 R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

Minat baca masyarakat Indonesia dewasa ini masih rendah terutama dikalangan anak usia sekolah. Rendahnya minat baca peserta didik dipengaruhi oleh banyak hal, seperti kurangnya arahan dari orang tua, kurangnya bimbingan yang dilakukan di sekolah oleh guru, ketersediaan buku-buku yang terbatas dapat menghambat minat baca peserta didik. Untuk itu perlu adanya perhatian terhadap upaya untuk meningkatkan minat baca peserta didik yaitu dengan penanaman nilai karakter gemar membaca seperti yang dilakukan oleh MI Ma’arif NU 1 Rancamaya. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai karakter gemar membaca pada siswa kelas IV di Mi Ma’arif NU 1 Rancamaya ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penanaman nilai karakter gemar membaca. objek dalam penelitian ini adalah penanaman nilai karakter gemar membaca. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis mengguakan teknis analisis data yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai karakter gemar membaca pada siswa kelas IV di MI Ma’arif NU 1 Rancamaya sudah sesuai dengan tepri yang telah penulis paparkan pada bab II. Penanaman nilai karakter gemar membaca menggunakan beberapa metode diantaranya adalah keteladanan, kegiatan rutin, kegiatan spontan dan pengkondisian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter Gemar Membaca
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 29 Jul 2017 03:58
Last Modified: 29 Jul 2017 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item