Efektifitas Penerapan Metode diskusi pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ma’arif Nu 02 Panusupan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Khayatul, Maqi (2017) Efektifitas Penerapan Metode diskusi pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ma’arif Nu 02 Panusupan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
KHAYATUL MAQI_EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE DISKUSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)

Abstract

Pembelajaran IPS sebaiknya tidak hanya difokuskan pada pemberian pembekalan kemampuan yang bersifat teoritis saja, akan tetapi bagaimana agar pengalaman belajar siswa itu senantiasa mengungkapkan kehidupan sosial yang ada dilingkungannya. Maka metode pembelajaran dalam proses pembelajaran yang bisa mengungkapkan antara materi atau topik pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa agar pembelajaran dengan pembelajaran dengan kehidupa nyata siswa agar pembelajaran tersebut lebih bermakna, karena apa yang dipelajari dapat dirasakan langsung manfaatna oleh siswa. Jika siswa tidak mengungkapkan dan siswa tidak bisa merasakan manfaatnya, maka bisa terjadi kegagalan dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana Efektifitas Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS kelas V di MI Ma’arif NU 02 Panusupan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas”? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field research) dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu hanya menggambarkan apa adanya tentang yang ada di lapangan yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat. Adapun penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain-lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data menggunakan analisis meliputi pola pikir deduktif, pola pikir induktif dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi membuat peserta didik mempunyai perubahan yang positif dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam kegiatan inti ini difokuskan pada perencanaan dan pelaksanaan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, IPS dan Siswa Kelas V
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:11
Last Modified: 28 Jul 2017 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item