PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KARANGLO, CILONGOK

Sariyyan, Kustiningsih (2017) PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KARANGLO, CILONGOK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SARIYYAN KUSTININGSIH_PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Program full day school ialah program pembelajaran yang dilaksanakan sehari penuh, dimana aktifitas siswa lebih banyak dilakukan di sekolah dari pada di rumah, hal itu dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir kegiatan-kegitan negatif yang dilakukan siswa sepulang sekolah. Karena di era modern saat ini perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat membuat siswa lebih mudah mengakses berbagai hal yang jauh dari jangkauan para orang tua, selain itu program full day school juga dapat melindungi anak-anak dari pergaulan bebas yang mungkin dapat terjadi tanpa diawasi oleh orang tua. Ada berbagai macam keunggulan dalam pelaksanaan program full day school yang membuat penulis tertarik untuk membuat rumusan masalah, bagaimana penerapan program full day school dalam membentuk akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanglo, Cilongok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang digolongkan ke dalam deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan program full day school, yang mana programnya dilaksanakan 7 sampai 8 jam sehari dari kelas atas sampai bawah dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan tambahan diluar jam pelajaran. Sedangkan pada pelaksanaannya terdapat pada pembelajaran baik materi umum maupun keagamaan, dan pembiasaan yang dilakukan secara terprogram baik harian (peyambutan siswa, pembelajaran, piket kelas, baca tulis Al.Qur’an, wudhu, shalat berjama’ah, kedisiplinan, dan lain-lain), mingguan (upacara, kerja bakti, senam, infaq, dan lain-lain), incidental (sumbangan musibah, menjenguk teman yang sakit, dan lain-lain), tahunan (pesantren ramadhan, bakti sosial, dan lain-lain) serta ektrakulikuler (tahfid, drum band, tapak suci, hizbul wathan, dan lain-lain).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Program Full Day School, Membentuk Akhlak Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:06
Last Modified: 28 Jul 2017 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item