IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) TOP KIDS SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Mrs, Wajiatun (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) TOP KIDS SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
WJIATUN_IMPLEMENTASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)

Abstract

Pelaksanaan implementasi program kegiatan PAI dapat berjalan baik apa dalam pengembangannya memenuhi beberapa prinsip pengembangan program kegiatan. Relenvansi program kegiatan dengan kebutuhan siswa sangat pentng untuk diperhatikan. Apalah manfaatnya ketika kegiatan yang dilakukan tidak mempunyai manafaat dalam kehidupan siswa. Sebagai hamba Allah siswa dituntut untuk bisa beribadah kepad Allah dengan baik, untuk itu kegiatan yang ada di SDIT TOP Kids Sokaraja sebagai kegiatan pendukung atau sebagai wadah untuk belajar. Tak lepas pula dari sumber daya dan fasilitas yang ada disekolah. Keberhasilan suatu sekolah tidak lepas dari kedua itu, sumber daya yang baik untuk mengolah sebuah kegiatan dan fasilitas yang memadai sebagai penunjang kelancaran program kegiatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala bidang akademik sekaligus menjadi guru pai dan siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pelaksanaan program kegiatan di SDIT TOP Kids Sokaraja memperhatikan beberapa prinsip pengembangan program kegiatan diantaranya : Pertama, relevansi yaitu program kegiatan yang dilakukan tidak jauh dari hubungan dengan kehidupan siswa. Kedua, efektifitas yaitu dalam satu kegiatan berkenaan dengan sejauh mana apa yang diprogramkan itu dapat terlaksana atau tercapai. Ketiga, Efisiensi yaitu suatu usaha merupakan perbandingan antara hasil yang dicapai dan besarnya tenaga yang telah dikeluarkan. Keempat, kontinuitas yaitu kesinambungan antara berbagai bidang studi. Kelima, fleksibilatas, keluesan suatu program kegiatan ang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implememtasi, program, kegiatan,PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:36
Last Modified: 27 Jul 2017 04:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item