PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH DAN TADARUS AL QUR’AN DI SDNEGERI 1 TANALUM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Mrs, Sisvani (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH DAN TADARUS AL QUR’AN DI SDNEGERI 1 TANALUM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
SISVANI_PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Agama sangat berperan dalam kegiatan manusia, karena pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan naluriah yang bersifat esensial dalam jiwanya. Agama merupakan suatu nilai yang diakui dan diyakini kebenarannya dan merupakan jalan kearah keselamatan hidup. Sebagai suatu nilai agama mengandung persoalan-persoalan pokok yaitu tata keyakinan, tata kepripadian, dan tata aturan. Maka dari itu agama merupakan petunjuk, pedoman dan pendorong bagi manusia dalam menciptakan dan mengembangkan budaya serta memberikan pemecahan terhadap segala persoalan kehidupan. Penanaman nilai religius atau keagamaan dimulai dengan pendekatan diri kepada Allah, manusia dan lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana proses penanaman nilai-nilai religius melalui pembiasaan sholat dzuhur berjamaah dan tadarus Al-Qur’an di SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pengambilan latar di SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokunentasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai religius, sedangkan subjek penelitiannya siswa siswi SD Negeri 1 Tanalum. Dan untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan Verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu metode penanaman nilai-nilai religius yang digunakan di SD Negeri 1 Tanalum lebih dominan menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan. Sedang nilai-nilai yang ditanamkan antara lain nilai ibadah, nilai kedisiplinan, nilai akhlak dan nilai keteladanan. Penanamannilai islam lebih mendalam yang nantinya nilai-nilai agama tersebut akan tertanam dalam diri para siswa dan selanjutnya dapay melaksanakan dan mengamalkan ajaran-ajaran agama islam dengan enak dan benar serta menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, memiliki kemantangan dalam beriman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Religius, Pembiasaan Sholat Dzuhur berjamaah dan tadarus AL Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:18
Last Modified: 27 Jul 2017 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item