STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MELALUI KUALITAS PRODUKTABUNGAN BSM DI BANK SYARIAH MANDIRI KC AJIBARANG

Linda, Atikasari (2017) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MELALUI KUALITAS PRODUKTABUNGAN BSM DI BANK SYARIAH MANDIRI KC AJIBARANG. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
LINDA ATIKASARI_STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perbankan syariah pada dasarnya merupakan pengembangan dari konsep ekonomi Islam, terutama dalam bidang keuangan. Perbankan syariah dalam peristilahan internasional dikenal sebagai Islamic Banking. Salah satu produk perbankan syariah yang diminati oleh nasabah maupun calon nasabah adalah produk penghimpunan dana yaitu tabungan. Setiap bank syariah mempunyai bermacam-macam produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Didalam menawarkan produknya maka terjadi persaingan antara bank-bank syariah sehingga perlu adanya strategi didalam pemasaran masing-masing bank tersebut. Salah satunya Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang yang mempunyai strategi pemasaran dalam memasarkan produknya, produk tabungan BSM adalah suatu produk yang dimiliki Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang. Prinsip yang digunakan Bank Syariah Mandiri dalam mengelola Tabungan BSM adalah mudharabah muthlaqah. Prinsip mudharabah muthlaqah adalah Akad kerja sama usaha antara pihak pertama (shahibul maal) menyediakan seluruh dana, sedangkan pihak kedua (mudharib) bertindak selaku pengelola, dan keuntungan dibagi(bagi hasil) diantara mereka sesuai dengan kesepakatan. Produk tabungan BSM merupakan produk pendanaan utama di Bank Syari’ah Mandiri, maka Bank Syariah Mandiri memiliki strategi pemasaran agar mencapai target pasar dan peningkatan pendapatan (Contribution margin)bagi perusahaan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan perkembangan produk tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang, disimpulkan bahwa Strategi Pemasaran yang digunakan Strategi produk, Produk Bank Syariah Mandiri menggunakan nama yang mudah diingat konsumen. Strategi harga,produk tabungan BSM memberikan bagi hasil kepada nasabah 15% untuk dana <100juta dan 22% dana >100juta.Strategi promosi yang digunakan yaitu menggunakan brosur, kartu nama, pemasangan spanduk serta pemberian cinderamata kepada nasabah yang loyal dan promosi melalui personal selling dari semua pihak karyawan bank. Strategi lokasi dan lay out, Bank Syariah Mandiri mempunyai letak lokasi yang strategis dekat dengan pintu masuk pasar Ajibarang yang mudah dijangkau dari arah manapun dan tata letak ruangan yang rapi dan luas yang membuat nasabah merasa nyaman. Strategi pemasaran yang berhasil dan rasa kesadaran dari semua pihak baik nasabah atau calon nasabah untuk menabung maka perkembangan jumlah nasabah mengalami peningkatan dipengaruhi oleh perluasan wilayah pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, kualitas Produk, Produk Tabungan BSM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:13
Last Modified: 26 Jul 2017 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item