KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Analisa, S.Pd.I. (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ANALISA_KOMPETENSI PROFESIONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam merupakan kemampuan dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu agama yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan : materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran yang akan diampu, yang relevan secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran pendidikan agama Islam. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus yang mana menjawab permasalahan pendidikan yang mendalam terhadap program, kejadian, proses, dan aktivitas pendidikan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri Ajibarang memiliki kompetensi profesional atau kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran PAI dengan baik. Hal demikian didukung dari lulusan yang dimiliki oleh masing-masing pendidik dari bidang pendidikan agama Islam. Beberapa kompetensi profesional yang dimiliki oleh pendidik antara lain dalam setiap pembelajaran guru selalu mengajarkan materi tanpa terfokus pada buku, mereka menguasai materi sehingga langsung terfokus menyampaikan pada peserta didik, menyesuaikan materi pelajaran dengan kurikulum, mengaitkan materi pelajaran dengan ilmu pengetahuan lain, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan yang paling penting guru menyampaikan materi yang dapat menumbuhkan sikap positif pada diri peserta didik. Sehingga dari kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru menghasilkan sikap positif yang baik. Contoh dari sikap positif yang dihasilkan dari pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi, meningkatkan kebiasaan untuk shalat dhuha, melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, menciptakan kerukunan antar umat beragama, sebelum mereka pulang dari pembelajaran melaksanakan shalat ashar berjamaah, itu adalah hasil dari tingkah laku dan segi keagamaan peserta didik. Sedangkan dari segi prestasi dalam bentuk hasil belajar mengajar yang selalu diatas KKM, selain itu bentuk lomba-lomba keagamaan seperti MTQ, LCCI, dan lomba kegamaan yang lainnya peserta didik SMA Negeri Ajibarang selalu ikut serta dalam setiap perlombaan dan hasilnyapun tidak mengecewakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesional,dan guru pendidikan agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:48
Last Modified: 24 Jul 2017 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item View Item