KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V SD NEGERI KARANG JAMBU KABUPATEN PURBALINGGA

Qooimatul Laili, 1223305089 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V SD NEGERI KARANG JAMBU KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
QOOIMATUL LAILI__KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V SD NEGERI 1 KARANG JAMBU KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dibutuhkan guru yang kompeten. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan. Guru yang kompeten akan menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelasnya, sehingga peserta didik berada pada tingkat optimal. Namun lingkungan sekolah sebagai masalah pedagogik praktis masih sering mengutamakan pengajaran berprogram kurikulum dengan tujuan-tujuan pembelajaran (pengajaran) jangka pendek. Guru-guru bisa tak sengaja mengabaikan tujuan-tujuan jangka panjang. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas V SD Negeri 1 Karang Jambu Kabupaten Purbalingga?. Penelitianinimerupakanpenelitian yang bersifatdeskriptif-kualitatif.Lokasipenelitianinidilakukandi SD Negeri 1 Karang Jambu Kabupaten Purbalingga.Subjekpenelitianadalah guru kelas V, siswa-siswi, dan kepala SD Negeri 1 Karang Jambu.Objekpenelitianadalahkompetensi pedagogik guru kelas V .Metodepengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.Metodeanalisis yang digunakanadalahmetodeanalisisdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukanbahwaguru kelas V SD Negeri 1 Karang Jambu memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Guru kelas V SD Negeri 1 Karang Jambu telah melakukan 8 komponen kompetensi yang diharapkan dalam undang-undang sistem Pendidikan Nasional dan pendapat E. Mulyasa, yaitu:1) Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan,2) Pemahaman terhadap peserta didik, 3) pengembangan kurikulum/silabus, 4) Perancangan pembelajaran, 5)pembelajaran yang mendidik dan dialogis 6) Pemanfaatan teknologi, 7) Evaluasi hasil belajar, 8) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Apr 2017 03:41
Last Modified: 21 Apr 2017 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item