KOMPETENSI SOSIAL GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF NU 1 PURWOJATI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Umi Rohmah, 1123301100 (2017) KOMPETENSI SOSIAL GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF NU 1 PURWOJATI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
UMI ROHMAH_KOMPETENSI SOSIAL GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas kompetensi guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Kompetensi sosial sebagai bagian dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Seorang guru yang memiliki kompetensisosial akan mampu berkomunikasi dengan peserta didik, sesama pendidik, atasan, tenaga kependidikan, dan masyarakat secara efektif, simpatik dan santun. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kompetensi sosial guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas? Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan yaitu studi empiris dengan cara terjun langsung di lapangan penelitian terhadap fenomena-fenomena yang terjadi dalam lokasi penelitian, yakni terhadap kompetensi sosial guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, penelitian ini termasuk ke dalam jenis kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa, di uji kebasahannya, dan diambil kesimpulan. Penelitian difokuskan pada cara guru mata pelajaran Aqidah Akhlak menjalin komunikasi dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan di madrasah serta dengan masyarakat sekitar. Dari hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas dalam berkomunikasi dengan peserta didik, sesama pendidik, dengan kepala madrasah, serta dengan wali murid sangatlah baik, sesuai dengan kompetensi sosial yang ada dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Apr 2017 02:16
Last Modified: 21 Apr 2017 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item View Item