METODE PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTS MA’ARIF NU I JATILAWANG

ISNA AIMATUN NAZILAH, 1223101008 (2017) METODE PEMBERIAN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTS MA’ARIF NU I JATILAWANG. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ISNA AIMATUN NAZILAH_UPAYA GURU PEMBIMBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Dalam aktivitas belajar dan mengajar di lingkungan sekolah terdapat beberapa hal yang dapat mendukung siswa untuk meraih suatu pencapaian yang gemilang dalam dunia pendidikan, tidak hanya dengan belajar akan tetapi dalam usaha untuk meraih kesuksesan dalam belajar tersebut dibutuhkan yang namanya suatu konsep usaha yang dibutuhkan, seperti motivasi. Peranan motivasi tidak diragukan lagi dalam belajar, karena motivasi disini berfungsi sebagai penggerak, pendorong dalam belajar. Dalam proses aktivitas belajar motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tak akan mungkin melakukan aktivitas dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode pemberian motivasi pada siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang dimana dalam kegiatan motivasi ini dilakukan oleh guru pembimbing. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Maksud dari kualitatif disini adalah data hasil penelitian yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka tapi berupa ungkapan yang berupa bersifat kualitatif yang didapat dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mana peneliti terjun langsung di lokasi penelitian. Proses penelitiannya yaitu dengan cara melakukan wawancara dengan guru pembimbing dan siswa-siswa, juga ikut serta dalam pelaksanaan metode pemberian motivasi di MTs Ma’arif NU I Jatilawang. Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan siswa diberikan motivasi oleh guru pembimbing mengalami peningkatan aktivitas belajar, yang sebelum diberi motivasi siswa pada umumnya aktivitas belajarnya sekedar membaca dan mendengarkan serta mencatat setelah diberi motivasi mengalami peningkatan seperti berlatih soal yang ada di buku, membuat tabel, mereview, berdiskusi, merangkum, latihan praktek, dan juga mengamati dengan seksama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Motivasi, Aktivitas Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.15 Psikologi Agama Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Apr 2017 07:22
Last Modified: 03 Apr 2017 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item