PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 PURWOJATI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Latifah Mutmainah, NIM. 11233008037 (2016) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 PURWOJATI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
LATIFAH MUTMAINAH_PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 PURWOJATI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan srategi active learning agar peserta didik tidak mengalami kebosanan atau kejenuhan dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga kelas menjadi hidup agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan strategi active learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Purwojati. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai penyempurnaan dalam penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Purwojati. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif, subyek dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah di SMK N 1 Purwojati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi active learning yang digunakan dalam pembelajaran yaitu: 1. Strategi Pembelajaran Physical Self- Assessment (mempersiapkan diri dalam Kelompok), 2. Strategi Pembelajaran Giving Question and getting Answers (memberi pertanyaan dan menerima jawaban), 3. Strategi Pembelajaran Make a Match (Mencari Pasangan), 4. Pembelajaran Everyone is a Teacher (Setiap peserta didik dapat menjadi guru), 5. Strategi Pembelajaran Card Sort (memilah atau Memilih Kartu), 6. Strategi Pembelajaran Topical Review (tinjauan topik) agar dalam pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan.. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SMK N 1 Purwojati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:55
Last Modified: 15 Jun 2016 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item