MENINGKATKAN HASIL BELAJARA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V MI MA`ARIF NU 2 PASIR IDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Widya Andini, 1123305075 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJARA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V MI MA`ARIF NU 2 PASIR IDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
WIDYA ANDINI_MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (919kB) | Preview

Abstract

Meningkatkan hasil belajar siswa melalui implemantasi media kartu huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa. Disini peneliti mengimplementasikan media kartu huruf dalam pembelajaran bahasa Jawa, agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Dalam studi pendahuluan terdapat fakta bahwa kemampuan siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa masih rendah. Sehingga dapat dilakukan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan menggunakan media kartu huruf dalam pembelajaran guna memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian yang bersifat kolaboratif ini dilakukan oleh peneliti dengan bekerjasama dengan guru kelas sebagai pelaksana tindakan. Objek penelitian ini adalah pembelajaran bahasa jawa kelas V denagan jumlah 20 siswa diantaranya 11 siswi perempuan dan 9 siswa laki-laki dan sebagai subjek penelitian adalah guru mulok kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan hanya satu siklus yang terdiri dari dua pertemuan, dalam satu siklus terdapat tahapan beruapa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Prosentasi ketuntasan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 45%, kemudian setelah dilakukannya tindakan prosentasi ketuntasan menjadi 100%. Jadi semua siswa sudah mencapai KKM sebesar 66 yang telah ditentukan oleh sekolah dengan rata-rata nilai mencapai 92,5 dan pencapaian tersebut mengakhiri perbaikan pembelajaran pada siklus I, karena pencapaian tersebut sidah mencapai target yang diinginkan peneliti yaitu ≥80% dari jumlah siswa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Jawa, Media Karu Huruf
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Mar 2017 02:49
Last Modified: 27 Mar 2017 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item View Item