Lukman Hakim, NIM. 102335058 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
Abstrak.docx Download (14kB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Lukman Hakim_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaranmatematika di SD/MI merupakanawaldalammempelajarimatematika. Makamatematika di SD/MI haruslahmengajarkanmengenaikonsepdalammatematika. Namun, sangatdisayangkanpembelajaranmatematika di SD/MI belummenerapkankonseptersebut. Matematikamenjadipelajaranhafalan. Padahalmatematikasendirihakekatnyaadalahaktifitasmanusia. Hal inimenjadikanmatematikamenjadimatapelajaran yang seolah-olahterpisahdengankehidupansehari-hari. Makatakheranjikasiswajugamulaiasing, sehinggahasibelajarsiswamenjadikurangbaik. Hal inijuga yang terjadi di MI Ma’arif NU 1 Bantarbarang. Alatperagamerupakan media yang tepatdigunakandalampembelajaranmatematika. Denganadanyaalatperagaakanmenurunkankeabstrakandarisuatukonsep. Denganbegitusiswaakanlebihmudahdalammemahamikonsep. Alatperagabendakonkretjugadapatmenjadikansiswamemahamipenggunaanmatematikadalamkehidupansehari-hari. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadakompetensidasarmenentukansifat-sifatbangunruangmenggunakanalatperagabendakonkret. Subjekpenelitianiniyaitusiswakela V MI Ma’arif NU 1 Bantarbarangtahunpelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalampenelitianiniyaituwawancara, dokumentasidantes. Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklus. Padaprasiklusterdapat 7 siswa yang tuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 29.16%. sedangkanpadasiklus I terdapat 18 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentasiketuntasansebesar 75%, mengalamikenaikansebesar 45.84% dariprasiklus. Sedangkanpadasiklus II terdapatsebanyak 20 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 83.33%, sehinggamengalamikenaikansebesar 8.33% dibandingkandengansiklus I.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 02:23 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 02:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/231 |
Actions (login required)
View Item |