KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Pada Tokoh Imbok dan Papindalam Film Serdadu Kumbang)

Wahyu Setiawati, 1123301120 (2017) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Pada Tokoh Imbok dan Papindalam Film Serdadu Kumbang). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
WAHYU SETIAWATI_KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan komponen terpenting dalam pendidikan. Namun sayangnya dewasa ini guru sedang tajam disoroti oleh masyarakat. Berbagai kasus yang disebabkan oleh kepribadian guru yang kurang baik, sering kita dengar di berita-berita elektronik, majalah, maupun surat kabar. Misalnya ada oknum guru yang menampar siswanya karena tidak bisa menahan marah, ustad yang mencabuli muridnya dan kasus-kasus lainnya. ini semua merupakan kabar yang sangat menyedihkan bagi dunia pendidikan Islam. Oleh karena itu kompetensi kepribadian harus dimiliki lebih dahulu oleh seorang guru. Pentingnya seorang guru memiliki kepribadian yang baik karena guru adalah sosok yang menjadi teladan dan panutan bagi murid-muridnya. Seorang guru itu tidak hanya dilihat dari aspek keilmuannya saja akan tetapi dari aspek kepribadinnya juga harus di perhatikan dan terus di kembangkan. Dari beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, salah satu caranya adalah dengan menggunakan film. Film Serdadu Kumbang merupakan salah satu film yang dapat dijadikan reverensi untuk meningkatkan kepribadian seorang guru, karena film tersebut merupakan salah satu film pendidikan yang menginspirasi, syarat akan nilai-nilai pendidikan dan kepribadian guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Bagaimana kompetensi kepribadian guru yang dimiliki tokoh Imbok dan Papin dalam Film Serdadu Kumbang perspektif pendidikan Islam?”Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Objek dari penelitian ini adalah film Serdadu Kumbang. Dan sasarannya adalah para pendidik dan calon pendidik. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan content analysis (analisis isi) dan dari analisis tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalahbila di lihat melalui kacamata pendidikan Islam kompetensi kepribadian yang dimiliki tokoh Imbok dan papin H. Mesa dalam film Serdadu Kumbang merupakan aplikasi nyata dari kompetensi kepribadian sebagai sosok guru yang sesuai dengan kriteria kepribadian pendidik dalam Islam. Kompetensi kepribadian tokoh Imbok dan papin H. Mesa adalah Mantap danStabil, Dewasa, Arif, Berwibawa, dan Berakhlak Mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Kompetensi Kepribadian Guru,Film Serdadu Kumbang.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Mar 2017 04:09
Last Modified: 24 Mar 2017 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item