EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Di SDIT ANNIDA SOKARAJA-BANYUMAS

Sutrisno, 1123308081 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Di SDIT ANNIDA SOKARAJA-BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SUTRISNO_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media audio visual dalampembelajaranbukanlahsekedarupayauntukmembantuguru, namun juga mempermudah siswa dalam proses belajar. Karena dengan menggunakan medianaudio visual, siswa lebih terfokus dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan demikian penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkanpemahamanserta siswadapatmenerimapesan yang disampaikan oleh gurudenganbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan media audio visual dan siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media konvensional, dengan mengangkat judul Efektivitaspenggunaan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yangdigunakan adalah true experimental dengan desain pretest and posttest controlgroup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDIT ANNIDA Sokaraja. Teknik untuk menentukan sampel adalah simple random sampling dan diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelaskontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitasmenggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t.Dari hasil posttest diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,00 sedangkan t-hitung 4,140 taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besardari pada nilai t-tabel (4,14 > 2,00) Karena t hitung> t tabel, maka (Ho) di tolak dan (Ha) diterima.Artinya terdapat perbedaan yang signifikanantara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil mean posttest kelas eksperimen yaitu 75,37 dengan peningkatan skor sebesar 27,63 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 63,89 dengan peningkatan skor sebesar 15,68. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio-visual lebih efektif daripadamedia konvensional dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SDIT ANNIDA Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, media audio visual, hasilbelajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:53
Last Modified: 24 Mar 2017 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item