PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016//2017

FATUCHAH, 1223310005 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016//2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
FATUCHAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATA~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diberikan di semua jenjang pendidikan formal. Dalam dunia pendidikan, Ilmu Pengetahuan Alam berupaya membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya. Banyaknya materi yang dipelajari di dalam IPA mengakibatkan minat dan ketertarikan peserta didik terhadap pelajaran IPA menjadi berkurang. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) siswa kelas IV di MI Istiqomah Sambas Purbalingga ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) siswa kelas IV di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 (dua) siklus yang masing-masing siklus terbagi dalam 2 (dua) pertemuan. Tiap siklus dibagi ke dalam 4 (empat) tahapan pembelajaran yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A5 MI Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh hasil belajar siswa dengan melakukan pre test dan tes formatif pada pokok bahhasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan dan hasil observasi aktivitas belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,32% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan 42%. Kesimpulan penelitain ini adalah bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV A5 MI Istiqomah Sambas Purbalingga pada pkok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : hasil belajar, pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan, pendekatan pembelajaran CTL, mata pelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Mar 2017 01:02
Last Modified: 22 Mar 2017 01:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item