Pengaruh Penggunaan Media GambarTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Tiis Rahayu, NIM. 1123305120 (2016) Pengaruh Penggunaan Media GambarTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TIIS RAHAYU_PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MA'ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan faktor penting untuk memperoleh hasil yang baik dan memuaskan. Oleh karena itu untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas juga dibutuhkan guru yang berkualitas.Secara profesional guru diharuskan menguasai disiplin keilmuan yang diajarkan. Sedangkan kompetensi pedagogik guru dituntut memiliki kemampaun secara metodologis dalam hal perancanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Termasuk didalamnya penguasaan dalam penggunaan media pembelajaran. Karena dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat siswa akan mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh Guru. Hal tersebut nantinya akan berdampak juga bagi peningkatan hasil belajar sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui adakah pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari. Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian Experimen yaitu penelitian yang pengumpulandatanya dilakukan dengan cara melakukan experimen. Jenisnya adalah penelitian kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Tempat penelitian yaitu di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari dengan sumber datanya yaitu siswa, guru dan Kepala MI Ma’arif NU 1 Langgongsari. sedangkan onyek penelitiannya yaitu Penggunaan media gambar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA. Ada duakelompokdalampenelitianiniyaitukelompok experiment dan control yang masing-masingterdiridari 12 siswakelas IV A. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen yaitu Penggunaan media dan variabel dependen yaitu hasilbelajar IPA. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara, Pree test dan post test serta dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan SPSS 16. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPA di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Hal ini didasarkan pada nilai t-test (t=4,687) yang berada di atas t tabel yakni 2,064, pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan, penggunaan media gambar terbukti efektif terhadap prestasi belajar IPA di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari, dengan kata lain hipotesis kerja yang diajukan diterima dan hipotesis nihil ditolak. Kata kunci : Media Gambar dan Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:40
Last Modified: 14 Jun 2016 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item