Umu Choiriah, 1223305118 (2017) PENDIDIKAN SEKSUALITAS PADA KELAS KEPUTRIAN DI MI NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
SILFIA ULFAH_PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN MENURUT MAJELIS ULAMA INDONESIA (Studi Fatwa MUI No. 1 Tahun 2012).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus pelecehan seksual yang dialami anak di Indonesia. Salah satu penyebab kasus pelecehan pada anak yaitu ketidaktahuan anak akan bahaya yang sedang dihadapi. Anak kurang memiliki pengetahuan bahwa pentingnya menjaga diri dari ancaman luar terkait dengan keamanan organ seksualnya. Seharusnya anak dikenalkan dengan hal-hal yang dapat mengindikasikan pada bahaya yang dapat mengancam dirinya. Oleh karena itu, perlu diberikan pendidikan seksualitas bagi anak. Pendidikan seksualitas yang diberikan harus dilandaskan pada Al Quran dan Hadis sebagai mana kitas sebagai makhluk Allah hendaknya mengikuti aturan yang sudah tertulis dalam Al Quran dan Hadis. Jika kita tidak memakai dasar Islam sebagai acuan dalam pendidikan seksualitas, maka akan mengacu pada pendidikan seksualitas yang sekuler. Pendidikan seksualitas sekuler hanya mengedepankan aspek kesehatan saja tanpa mengindahkan norma-norma yang berlaku dalam agama. Persoalan yang dikaji oleh peneliti yaitu tentang proses pendidikan seksualitas yang dilaksanakn di MI Negeri Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas IV MI Negeri Purwokerto dan Kepala Madrasah MI Negeri Purwokerto. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan seksualitas berbasis Islami yang dilaksanakan di MI Negeri Purwokerto berlangsung secara efektif. Pendidikan tersebut mampu mengatasi problematika seksual yang dialami peserta didik, yaitu dalam upaya mempersiapkan masa remaja yang terkait dengan seksualitasnya. Upaya tersebut seperti; pemisahan ruang kelas perempuan dengan laki-laki, pengetahuan seputar masalah menstruasi dan mimpi basah, pengetahuan tentang tata cara bergaul, peneladanan akan sikap yang baik dan sopan dan kerjasama dengan orang tua murid dalam pengawasan media anak. Implementasi pendidikan tersebut dilakukan dengan beberapa metode seperti; ceramah, tanya jawab, demonstrasi, peneladanan dan pembiasaan. Sedangkan media yang digunakan dapat berupa media audio, visual dan audio visual. Kata Kunci : Pendidikan Seks, Pendidikan Seksualitas, Kelask Keputrian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 02:25 |
Last Modified: | 10 Mar 2017 02:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2242 |
Actions (login required)
View Item |