PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU DARUL ABROR KEDUNGJATI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Wantia Khikmah, NIM. 1123305005 (2016) PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU DARUL ABROR KEDUNGJATI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
WANTIA KHIKMAH_PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU DARUL ABROR KEDUNGJATI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit dan tidak menyenangkan oleh sebagian siswa. Meskipun dianggap sulit tetapi dalam kehidupan masyarakat modern matematika dipandang sebagai ilmu pengetahuan untuk masa kini. Untuk menghindari anggapan bahwa matematika sulit dan tidak disukai maka dalam proses pembelajaran matematika terutama di SD/MI matematika disajikan dengan cara yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa tertarik belajar matematika. Cara yang menyenangkan mengajarkan matematika bisa dengan menggunakan permainan edukatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam permainan edukatif dalam pembelajaran matematika, mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Darul Abror Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi di MI Ma’arif NU Darul Abror Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data menggunakan teknis analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan edukatif yang digunakan dalam pembelajaran matematika bervariasi, diantaranya permainan tukar angka; permainan pohon faktor; permainan jam besar; permainan tebak sudut; permainan tebak bangun; permainan kubus bangunan. Penggunaan permainan disesuaikan dengan materi yang memenuhi indikator pencapaian materi matematika dan sesuai dengan tujuan permainan yang dikemukakan oleh Andang Ismail. Konsep matematika tersampaikan melalui permainan yang digunakan guru. Kata Kunci : pembelajaran matematika, permainan edukatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:31
Last Modified: 14 Jun 2016 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item