PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PEMAHAMAN VERBAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MIFTHAUL HUDA LINGGASARI KECAMATAN KEMABARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHU AJARAN 2015/2016 Oleh : Khosiyah NIM :1123308017

Khosiyah, 1123308017 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PEMAHAMAN VERBAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MIFTHAUL HUDA LINGGASARI KECAMATAN KEMABARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHU AJARAN 2015/2016 Oleh : Khosiyah NIM :1123308017. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
HESTI SETIYOWATI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR OPERASI HIT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang masih menjadi permasalahan dari tahun ketahun. Permaslahan tersebut terutama terletak pada pemahamn verbal dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah agar siswa lebih memahami kosa kata dan istilah-istilah yang ada pada mata pelajaran Fiqih dan bagaiman agar siswa lebih berantusias dalam mengikuti kegiatan KBM. Berbicara masalah KBM tidak dapat dilepaskan dari pemilihan media. Media yang dipilih oleh penulis kali ini adalah media berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap pemahamn verbal siswa pada pelajaran tersebut, yang tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian kali ini adalah penelitian lapanagan dimana peneliti terjun langsung dalam preses pembelajaran, tidak hanya mengamati tetapi juga ikut mengajar sekaligus juga membuat instrumen peraga dan test sebagai bahan ajar.sifat penelitianya adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakuakn dengan wawancara,tes, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik. Analisis data menggunakan N-Gain. Hipotesis kerja pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap pemahaman Verbal siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Huda Linggasari. Berdasrakan hasil penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia berbasis komputer terhadap pemahaman verbal siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Huda Linggasari tahun ajaran 2015/2016 dengan peningkatan kategori sedang. Peningkatan pemahamn verbal tersebut secara khusus ditandai dengan hasil tes rata-rata dimana terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dari hasil tes yang sudah dilaksanakan pada kelompok kontrol dimana tidak menggunakan multimedia berbasis komputer mendapatkan hasil peningkatan kategori rendah yaitu sebesar 0,164569 . Sedangkan pada kelompok eksperimen secara keseluruhan msing-masing terdapat peningkatan yang cukup signifikan dengan kategori sedang yaitu 0,3758830. Hal ini berarti penggunaan multimedia berbasis komputer dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan media dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia berbasis komputer, Pemahaman verbal, N-Gain.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Mar 2017 07:42
Last Modified: 02 Mar 2017 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item View Item