IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN PARA PENJUAL (Studi Kasus Toko Grosir Al-Araffah Pasar Wage Purwokerto)

Ismatul Chalimah, 1123203083 (2017) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN PARA PENJUAL (Studi Kasus Toko Grosir Al-Araffah Pasar Wage Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
SILFIA ULFAH_PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN MENURUT MAJELIS ULAMA INDONESIA (Studi Fatwa MUI No. 1 Tahun 2012).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis dapat terjadi dimana saja salah satunya di Pasar Wage Purwokerto. Persaingan bisnis yang terjadi di Pasar Wage menyangkut persaingan harga antar para penjual baik yang berjualan eceran maupun grosir. Persaingan harga ini lumrah terjadi dalam setiap aktifitas perdagangan dengan berbagai alasan dan motif. Di pasar wage salah satu alasan yang penulis dapatkan dari adanya persaingan harga ini adalah karena tidak ingin pesaingnya lebih unggul ( menang dalam bersaing ) sehingga beberapa penjual yang memiliki modal lebih banyak menurunkan harga barangnya jauh dibawah harga yang terjadi dipasar. Dimana penurunan harga ini bukan semata-mata untuk meraup banyaknya konsumen yang membeli namun lebih kepada tidak ingin ada pesaing. Penulis menyadari bahwa tidak semua pedagang yang memiliki modal lebih melakukan strategi harga yang demikian salah satunya yaitu Toko Grosir Al-Araffah. Toko Grosir Al-Araffah adalah salah satu sentra penjualan berbagai macan kerudung grosir di Pasar Wage Purwokerto. Dalam bisnis penjualan ini tentunya akan melahirkan persaingan dalam bisnis, namun Islam menuntun manusia untuk menerapakan Etika Bisnis Islam dalam bersaing seperti yang diajarakan oleh Rasululloh Saw dengan berlaku jujur, menggunakan persaingan yang sehat, menerapakan strategi pemasaran yang sesuai dengan koridor Islam, serta menerapkan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penulis akan mengumpulkan data dengan cara mendatangi langsung ke lapangan, lembaga yang menjadi objek penelitian untuk mengetahui penerapan Etika Bisnis Islam dalam Persaingan di Toko Grosir Al-Araffah melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Toko Grosir Al-Araffah setidaknya telah menerapkan beberapa Etika Bisnis Islam Dalam Persaingan dalam berjualan dengan menerapkan sifat jujur dalam berbisnis, menggunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan syari’at Islam dengan tidak menjelakkan bisnis pesaingnya, serta melakukan persaingan yang fire. Kata kunci : Implementasi, Etika Bisnis Islam, Persaingan, Toko Grosir Al-Araffah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:53
Last Modified: 06 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item