INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA DI MTs TANBIHUL GHOFILIN BAWANG BANJARNEGARA

Siti Mufti’ah, 1223308082 (2017) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA DI MTs TANBIHUL GHOFILIN BAWANG BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI MUFTI’AH_INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA DI MTs TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikankaraktermerupakan proses pemberiantuntutankepadapeserta didikuntukmenjadimanusia yang seutuhnyayang mampumemberikankeputusanbaikburuk, memeliharaapa yang baik, danmewujudkankebaikanitudalamkehidupansehari-haridengansepenuhhati.Untukmerealisasikandalamkehidupan, pendidikankarakterharusdilakukansecaraterusmenerus, dariusiadinisampaidewasabahkansepanjanghidupmanusiaitusendiri. Karaktersetiapmanusiaberbeda-bedademikianjugadengankaraktersiswamadrasah tsanawiyah. Sekolahmemilikiperanan yang paling strategisdalampelaksanaanpendidikankarakter. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pendidikan karakter di sekolah, salah satunya dengan pengintegrasian nilai karakter ke dalam proses pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan karakter dalam pembeplajaran Akidah Akhlak pada siswa di MTs Tanbihul Ghofilin Bawang Banjarnegara. Dalamsekolahtersebut, pendidikan karakter juga diterapkan dengan pengintegrasian dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Tanbihul Ghofilin Bawang Banjarnegara. yang berjumlah 239 siswa dan 4 orang informan yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, guru BK, dan gurumata pelajaran Akidah Akhlak.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahwawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data yang digunakanadalahdenganteknikreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukannnilai-nilai karakter diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII adalah diantaranya : religius, disiplin, jujur, peduli sesama, demokratis, gemar membaca, menghargai prestasi, rasa ingin tahu, dan sopan santun. Nilai-nilai karakter tersebut disisipkan pada proses pembelajaran dengan metode pembiasaan, keteladanan nilai, metode serta penjernihan nilai. Kata Kunci: Integrasi PendidikanKarakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dan SiswaMadrasah Tsanawiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Integrasi PendidikanKarakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dan SiswaMadrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:26
Last Modified: 24 Feb 2017 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item