PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB KUNCUP MAS KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BurhanSyahroni, 102338120 (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB KUNCUP MAS KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
BURHAN SYAHRONI --- PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB KUNCUP MAS KEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER -- BAB I -- BAB V -- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Latarbelakangpenelitianiniadalahbahwasiswatunarungusebagaisiswa yang memilikiketerbatasanfisik, padahakikatnyamemilikikompetensi yang tidakkalahdengansiswa normal.Siswatunarungujugamemilikikesempatan yang samadalammemperolehpembelajaran, termasuk di dalamnyapembelajaranPendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam sebagaimatapelajaranwajib di sekolahmenjadiupayauntukmembentukkaraktersiswa yang berakhlakmulia. PembelajaranPendidikan Agama Islam di SLB Kuncup Mas KecamatanBanyumasKabupatenBanyumasmenggunakanberbagaimetode, pendekatan, strategidan media sertaevaluasi yang bervariasi.Hal-haltersebutditerapkandalampembelajarandengantetapmenyesuaikandengankemampuansiswatunarungu.RumusanmasalahdalamskripsiiniadalahbagaimanapelaksanaanPendidikan agama Islam di SLB Kuncup Mas KecamatanBanyumasKabupatenBanyumas. Penelitianiniadalahpenelitiankualitatif yang bertujuanuntukmengetahuidanmendeskripsikanpelaksanaanPendidikan Agama Islam padasiswatunarungu di SLB Kuncup Mas KecamatanBanyumasKabupatenBanyumas.Subyekpenelitianiniadalah guru PAI dansiswatunarungu, sedangkanobyekpenelitiannyaadalahpelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam.Sedangkanmetodepenelitian yang digunakandalampengumpulan data yaitumetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanpenulisadalahmetodeanalisis data kualitatif. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa: (1) Guru telahterbuktimelaksanakanpembelajaranPendidikan Agama Islam danberusahamenggunakanberbagaimetode, pendekatan, strategidan media yang cukupbervariasi. (2) FaktorpendukungdanpenghambatmewarnaipelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam. (3) Berbagaiupayadilakukanuntukmengatasifaktor-faktorpenghambatdalampelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam, diantaranyamengupayakanterapiwicarabagisiswatunarungu, mengupayakansaranadanprasaranapengganti, meningkatkankompetensi guru kelas/PAI, memaksimalkanwaktupembelajaran yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan Agama Islam dan SLB Kuncup Mas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Feb 2017 02:50
Last Modified: 17 Feb 2017 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item