IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMK ALFALAH BADAK BELIK PEMALANG Arifin Nim. 1223308085

Arifin, 1223308085 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMK ALFALAH BADAK BELIK PEMALANG Arifin Nim. 1223308085. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ARIFIN_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perubahan sebagai keniscayaan tidak dapat dipungkiri juga telah merambah dunia pendidikan sebagai jawaban atas fenomena kehidupan masyarakat yang terus mengalami dinamika. Kurikulum berbasis kompetensi dan karakter diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan, dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap sistem pendidikan secara efektif, efisien dan berhasil guna. Penelitian ini memfokuskan pada rumusan masalah bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Alfalah Badak Belik Pemalang ? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan. Ditinjau dari sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru PAI dan Budi Pekerti dan siswa kelas X SMK Alfalah Belik. Teknik penemuan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penulis dalam menganalisis data menggunakan analisiskualitatif, dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan, yang meliputi reduksi data, display datadan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X di SMK Alfalah Belik Pemalang melalui tiga tahap yaitu : 1) Perencanaan, dengan jalan menyiapkan silabus, mengidentifikasi KI dan KD, membuat RPP yang sudah disiapkan oleh kemdikbud, menganalisis kondisi siswa, memilih media dan sumber belajar yang disediakan sekolah,menyusun instrumen evaluasi atau penilaian berdasarkan kurikulum 2013.2) Pelaksanaan, dengan jalan: menerapkan pendekatan scientific melalui 5M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikanya, menggunakan media peraga berupa gambar, sumber belajar berupa buku siswa, menggunakan metode diskusi kelompok. 3)Evaluasi, dengan jalan: melaksanakan evaluasi penilaian pada tiga aspek sasaran yaitu aspek sikap (afektif) meliputi sikap spritual dan sikap sosial, aspek pengetahuan (kognitif) melalui teknik tes tertulis dan tes lisan, dan aspek keterampilan (psikomotorik) melalui teknik penilaian kinerja/kinerja proses dan penilaian fortopolio, Penilaian dilakukan selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung, laporan penilaian dilakukan dengan cara sistem aplikasi khusus kurikulum 2013 bukan secara manual, nilai berbentuk kualitatif berupa A,B,C,D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:44
Last Modified: 14 Feb 2017 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item