PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Irfany Muthia Rahmah, 1223305051 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
IRFANY MUTHIA RAHMAH_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN AL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya guru yang masih mengajar dengan gaya konvensional yakni ceramah dan menulis. Hal ini mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, salah satunya IPA, yang masih rendah. Peneliti melakukan penelitian di MI Muhammadiyah Ajibarang karena MI tersebut telah menerapan pembelajaran aktif dalam mata pelajaran IPA. Peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran aktif dalam pembelajaran IPA di MI Muhammadiyah Ajibarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Pembelajaran Aktif pada Pembelajaran IPA di MI Muhammadiyah Ajibarang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran aktif pada pembelajaran IPA serta mengetahui dari delapan indikator pembelajaran aktif apakah sudah diterapkan dengan baik. Adapun manfaat yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu memberikan wawasan bagi guru untuk dapat melakukan pembelajaran IPA dengan baik dan memberikan informasi mengenai berbagai aspek strategi pembelajaran aktif yang digunakan serta penerapannya dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti akan menyajikan aspek-aspek pembelajaran aktif yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA di kelas V beserta penerapannya. Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalah MI Muhammadiyah Ajibarang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, dengan objek meliputi guru mata pelajaran IPA di kelas V, dan siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Deskripsi data dalam penelitian ini yaitu menguraikan berbagai macam aspek pembelajaran aktif dan bagaiman cara menerapkannya dalam pembelajaran IPA di kelas V dengan peneliti menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa guru mata pelajaran IPA di kelas VA Yunahar Ilyas MI Muhammadiyah Ajibarang telah menerapkan strategi pembelajaran aktif yang meliputi delapan indikator menurut teori Melvin L. Silberman yaitu Full Class Learning, Class Discussion, Question Prompting, Collaborative Learning, Peer Teaching, Independent Learning, Affective Learning dan Skill Development. Dalam proses pembelajaran IPA guru menerapkan delapan indikator tersebut. Guru telah menerapkan dengan baik indikator pembelajaran aktif tersebut, namun masih ada indikator yang belum bisa diterapkan secara maksimal. Dari setiap aspek pembelajaran aktif mempunyai kelebihan, kelemahan, kesempatan untuk mengembangkan diri dan pembelajaan serta hambatan dalam penerapan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:43
Last Modified: 14 Feb 2017 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item