PEMBENTUKAN BUDAYA DISIPLIN BERIBADAH DI KELAS ASRAMA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 BANYUMAS

Roslia Fariidatun Maajidah, 1223301141 (2016) PEMBENTUKAN BUDAYA DISIPLIN BERIBADAH DI KELAS ASRAMA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
ROSLIA FARIIDATUN MAAJIDAH_PEMBENTUKAN BUDAYA DISIPLIN BERIBADAH DI KELAS ASRAMA MADRASAH IBTIDAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Budaya disiplin beribadah adalah pembiasaan diri menaati atau mematuhi peraturan dan ketentuan beribadah yang telah ditetapkan dengan cara mengendalikan diri agar tidak melakukan pelanggaran dilakukan secara kontinue dan bertahap sehingga akan terbentuk atau tertanam kuat pada jiwa atau pribadi seseorang. Karena pada dasarnya peserta didik belum bisa mengatur dan mengendalikan dirinya sendiri sehingga, perlu adanya arahan dan bimbingan dari berbagai pihak baik keluarga, sekolah maupun lingkungan sekitar. Karena itulah penulis tertarik untuk mengetahui “Bagaimana Pelaksanaan Pembentukan Budaya Disiplin Beribadah di Kelas Asrama MIN 1 Banyumas?” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendetail pelaksanaan pembentukan budaya disiplin beribadah di kelas Asrama MIN 1 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan budaya disiplin beribadah di kelas arama MIN 1 Banyumas dilaksanakan dengan adanya kebijakan dari Madrasah mengenai kegiatan di asrama. Pembentukan budaya disiplin beribadah ini dilaksanakan dengan menggunakan beberapa strategi yaitu memberikan contoh (teladan), membiasakan hal-hal yang baik, memberikan motivasi dan dorongan, menghukum dalam rangka menegakkan kedisiplinan. Strategi pembentukan budaya disiplin beribadah digunakan oleh guru pendamping di kelas asrama dengan cara menerapkannya dalam kegiatan peserta didik di asrama. Kata kunci : Budaya Disiplin, Beribadah, Asrama Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banyumas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Jan 2017 01:39
Last Modified: 27 Jan 2017 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item