PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DI MI MA’ARIF NU 03 KALIJARAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

RIA FITRIANY, 092335051 (2014) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DI MI MA’ARIF NU 03 KALIJARAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RIA FITRYANI_Penggunaan media benda konkrit pada mapel mtk kls I di MI Ma'arif NU 03 Kalikajar Karanganyar Purbalinga th pel 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas I MI Ma’arif NU 03 Kalijaran adalah kelas yang sudah menggunakan media bendakonkret pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran Matematika di kelas I di MI Ma’arif NU 03 KalijaranKecamatan Karanganyar Kabupaten PurbalinggaTahun Pelajaran 2013/2014. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana Penggunaan Media Benda Konkret pada mata pelajaran Matematika kelas I di MI I Ma’arif NU 03 KalijaranKecamatanKaranganyarKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2013/2014”? Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media benda konkretpada mata pelajaran Matematika kelas I di MI Ma’arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya ataukah belum. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah berupa penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan mediabendakonkret. Obyek dalam penelitian ini adalah mediabendakonkretdalam penggunaan mediabendakonkret mata pelajaran Matematika kelas I di MI Ma’arif NU 03 KalijaranKecamatanKaranganyarKabupatenPurbalingga. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan mediabendakonkret pada mata pelajaran Matematika sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan pada bab 2. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menggunakan media bendakonkret sudah berjalan efektif dan siswa terlihat tertarik dengan menggunakan media tersebut. Kata Kunci :Benda Konkret, , Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Benda Konkret, , Pembelajaran.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Jan 2017 02:34
Last Modified: 26 Jan 2017 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item