STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

DWI ARIYANI, 102334005 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, BabI,V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DWI ARIYANI_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkunganya sehingga terjadi perbedaan perilaku kearah yang lebih baik. Dalam pembelajaran akan terjadi interaksi antar guru dan siswa dalam rangka mencapai tujuanya. Interaksi antara guru dan siswa itu merupakan proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Pendidikan Agama Islam adalah salah satu mata pelajaran dalam kurikulum SD. Pembelajaran Pendidikan agama Islam yang dilakukan pada setiap masing – masing sekolah tentulah berbeda, tergantung kemampuan guru dan fasilitas yang ada di sekolah. Kreatifitas guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.Bagaimanakah strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD negeri 2 Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajran apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas.Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif di SD Negeri 2 Sokawera Kecamatan somagede kabupaten Banyuma dengan mengambil subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru pendidikan Agama Islam dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisi data penulis menggunakan kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan dengan kata – kata atau kalimat lalu kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas dilakukan dengan berbagai macam strategi yaitu Ceramah diterapkan pada materi sejarah Adzan, practice reherseal pairs diterapkan untuk mempraktekan lafal adzan, Modeling The Way, Hafalan dengan nyanyian, index card match, Reading Aloud, dan Every One is a Teacher. Pemilihan Strategi pembelajaran tersebut sudah mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dan penggunaan strategi tersebut dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan sehingga dapat menguasai materi. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:01
Last Modified: 14 Jun 2016 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item