TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK INVESTASI PEMBELIAN LAHAN VIRTUAL PADA PLATFORM METAVERSE (STUDI KASUS ATAS FENOMENA INVESTASI LAHAN VIRTUAL PADA PLATFORM METAVERSE MENGGUNAKAN MATA UANG KRIPTO)

Rifka, Asri Ulfita (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK INVESTASI PEMBELIAN LAHAN VIRTUAL PADA PLATFORM METAVERSE (STUDI KASUS ATAS FENOMENA INVESTASI LAHAN VIRTUAL PADA PLATFORM METAVERSE MENGGUNAKAN MATA UANG KRIPTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rifka Asri Ulfita.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Investasi merupakan kegiatan menanamkam modal atau aset dengan tujuan menggelembungkan nilainya pada periode yang telah ditentukan.Metaverse merupakan kloning dari kehidupan real yang diproyeksikan secara digital dan dapat diakses melalui piranti virtual seperti VR atau AR. Platform ini menyajikan dunia secara maya dengan berbagai fasilitas dan kemudahan bagi para user. Platform ini juga menyediakan lahan virtual yang siap dijual kepada para investor. Lahan virtual ini nantinya akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan berkaitan dengan virtual era. Pokok masalah yang diangkat di dalam penelitian ini yaitu: bagaimana sistem pembelian lahan virtual pada platform metaverse menggunakan mata uang kripto? dan bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai praktik pembelian lahan virtual pada platform metaverse. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian literer (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normative dan filosofis dengan metode analisis kualitatif. Pendekatan tersebut dilakukan dengan melakukan telaah pada sumber-sumber data yang ada di dalam perpustakaan. Sumber data primer yang digunakan oleh peneliti adalah penyedia platform metaverse. Sumber-sumber data sekunder yang digunakan oleh peneliti adalah literatur berkaitan dengan investasi lahan virtual pada platform metaverse. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah dokumentasi. Dalam menganalisis data-data yang terkumpul, peneliti menggunakan metode Content Analysis. Content Analysis mengharuskan tiga syarat, yaitu objektifivitas, pendekatan sistematis, dan generalisasi. Sistem pembelian lahan virtual pada platform metaverse, khusunya di Decentraland memiliki empat langkah utama, yaitu: mengakses Decentraland Marketplace, memilih tanah virtual yang diinginkan, menghubungkan dompet digital dengan akun Decentraland, melakukan konfirmasi dengan membuat menu “Collectibles” Bahwa tinjauan hukum Islam terhadap praktik investasi pembelian lahan virtual pada platform metaverse menggunakan mata uang kripto diperbolehkan dengan syarat dan ketentuan berlaku. Syarat dan ketentuan tersebut disimpulkan dengan dua aspek mendasar, yaitu: memiliki pengetahuan yang cukup mengenai investasi virtual dan memiliki pengalaman yang memadai dalam bisnis non-fisik sehingga bisa survive dan menghasilkan keuntungan yang memadai. Kesimpulan tersebut didasarkan pada sumber hukum Islam berupa qiyas yang dilakukan oleh para ulama di berbagai lembaga yang telah saya sebutkan pada bagian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Investasi Lahan Virtual, Metaverse, Mata Uang Kripto.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Rifka Asri Ulfita
Date Deposited: 11 May 2023 04:21
Last Modified: 11 May 2023 04:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19328

Actions (login required)

View Item View Item