PERAN MAJELIS DZIKIR HADRAH BASAUDAN AL-BUSYRO DALAM PENDIDIKAN KEAGAMAAN JAMA'AH DI DESA SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Nabila, Maulida (2023) PERAN MAJELIS DZIKIR HADRAH BASAUDAN AL-BUSYRO DALAM PENDIDIKAN KEAGAMAAN JAMA'AH DI DESA SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nabila Farah Maulida_1617402028_Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Majelis Dzikir adalah tempat pengajaran atau pembelajaran bagi orang-orang yang ingin mempelajari ajaran Islam. suatu perkumpulan yang bertujuan untuk mengingat Allah SWT. Majelis Dzikir adalah suatu tempat/perkumpulan orang-orang yang menyebut dan mengucapkan kalimat Allah SWT. Majelis Dzikir juga menjadi sebab turunnya keberkahan dari Allah SWT Majelis Dzikir memiliki kontribusi penting untuk pendidikan keagama’an Jama’ahnya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Majelis Dzikir Hadrah Basaudan Al-Busyro dalam pendidikan Keagamaan Jama’ahnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian ini adalah eksploratif di lapangan (Field Research), penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrument dalam mngumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa peran Majelis Dzikir Hadrah Basaudan Al-Busyro dalam Pendidikan Keagamaan adalah ditandai dengan adanya antusiasme dari Jama’ah untuk hadir dalam setiap kegiatannya seperti rutinan Hadrah Basaudan itu sendiri yakni sebuah kitab yang berisi do’a-do’a para ulama dan waliyullah dari kalangan masayyeh hadrami seperti Habib Umar Al-bar, Syeikh Abdullah bin Ahmad Basaudan dan yang lainnya, yang dilaksanakan rutin setiap hari selasa pahing dan selasa kliwon dalam kalender jawa, shalat berjama’ah, membaca Al-Qur’an, berzikir, bershalawat, tausiyah/ceramah, mengadakan kegiatan ziarah makam para wali dan habaib di seputaran wilayah Banyumas. Majelis Dzikir Hadrah Basaudan Al-Busyro adalah Majelis Dzikir yang menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang tidak pernah lelah mengajarkan akhlak yang baik serta senantiasa mengajak untuk mencintai Allah SWT dan Rasulullah SAW. Melalui media Hadrah Basaudan, majelis ini berhasil memikat hati setiap jama’ah yang hadir di Majelis ini. Kata Kunci: Majelis Dzikir, Hadrah Basaudan, Pendidikan Keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Farah Maulida
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:53
Last Modified: 26 Apr 2023 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19248

Actions (login required)

View Item View Item