PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Ahsan, Ashari (2023) PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ahsan Azhari_PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari we are social bahwa penggunaan media internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ketahun yaitu untuk pengguna internet pada bulan januari tahun 2022 di Indonesia telah mencapai 205 juta, yang berarati 73,7% penduduk Indonesia telah mengunakan media internet dan mengalami peningkatan sebesar 1% dari periode sebelumnya di tahun yang sama. Semenjak tahun 2012 yang tercatat penguna internet di Indonesia sebanyak 39,6 juta penggguna. Dengan hal itu merupakan bukti bahwa perkembangan teknologi internet di indonesia semakin berkembang. Faktor yang dapat mempengaruhi minat beli pada seorang konsumen menurut Kotler dan Keller, adalah faktor sikap orang lain, faktor tersebut berhubungan dengan bagaimana sikap konsumen terhadap intensitas dari sifat negatif orang lain dan juga bagaimana motivasi konsumen untuk mengikuti sikap orang lain. Selanjutnya adalah faktor situasi yang tidak terantisipas, faktor ini melihat dari bagaimana rasa percaya diri konsumen, apakah akan memiliki minat pembelian dan selanjutnya akan memutuskan membeli barangnya atau tidak. Faktor-faktor tersebut mempunyai penjabaran yang luas termasuk variabel- variabel penelitian yang peneliti ambil, tetapi peneliti juga menemukan fakta pada e-commerce TikTok Shop yang tidak sesuai dengan teori yang ada. Variabel yang diambil peneliti adalah iklan dan promosi penjualan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif (field reasearch). Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang mengetahui tentang E-Commerce TikTok Shop. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan uji analisis data menunjukan bahwa nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka berdasarkan pengambilan keputusan maka iklan dan promosi penjualan secara parsial berpengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan nilai F yaitu 38,441 > dari 3,09 maka H0 ditolak menunjukan bahwa iklan dan promosi penjualan berpengaruh pada minat beli di e-commerce TikTok Shop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Promosi Penjualan, Minat Beli, TikTok Shop
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahsan ashari sdr
Date Deposited: 24 Apr 2023 20:28
Last Modified: 24 Apr 2023 20:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19170

Actions (login required)

View Item View Item