PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERDA NOMOR 11 TAHUN 2016 KABUPATEN BANJARNEGARA PERSPEKTIF MAS}LAH}AH MURSALAH (Studi Atas Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara)

Titin, Tri Solekhah (2023) PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERDA NOMOR 11 TAHUN 2016 KABUPATEN BANJARNEGARA PERSPEKTIF MAS}LAH}AH MURSALAH (Studi Atas Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TITIN TRI SOLEKHAH_PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERDA NOMOR 11 TAHUN 2016 KABUPATEN BANJARNEGARA PERSPEKTIF MAS}LAH}AH MURSALAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

(PLTP) Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi PT. Geo Dipa di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, merupakan energi terbarukan dan ramah lingkungan. Meskipun merupakan energi ramah lingkungan, tetapi disisi lain PLTP tersebut mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti pencemaran air, udara. Hal tersebut dikareakan pengendalian belum sesuai dengan perda Nomor 11 Tahun 2016 Kabupaten Banjarnegara dan praktik pengendalian pencemaran lingkungan dalam proyek PLTP PT. Geo Dipa yang belum sesuai dengan perspektif Mas}lah}ah mursalah. Kelestarian lingkungan hidup wajib dijaga demi keberlangsungan kehidupan dan menjaga fungsi lingkungan agar dimanfaatkan dengan baik sebagaimana mestinya dan melarang kerusakan. Penelitian ini berfokus pada pengendalian pencemaran lingkungan di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa salinan hasil wawancara dan sumber data sekunder berupa buku, jurnal, artikel serta tulisan-tulisan yang berhubungan dengan pengendalian pencemaran lingkungan. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian pencemaran lingkungan atas proyek PLTP di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dalam hal ini PT. Geo Dipa sudah sesuai prosedur, sudah melengkapi dokumen lingkungan, tetapi dalam proyek pembangunan tersebut belum sesuai dengan asas yang terdapat dalam perda Kabupaten Banjarnegara. Sehingga upaya praktik pengendalian pencemaran lingkungan hidup yang dilakukan oleh PT. Geo Dipa belum maksimal, belum ada upaya yang serius dan komperhensif masih menimbulkan dampak lingkungan sehingga hal tersebut mendatangkan kemudharatan sehingga belum sesuai dengan mas}lah}ah mursalah, sedangkan dalam arti umum mas}lah}ah mursalah adalah segala sesuatu yang bermanfaat bagi manusia dan menghindari kemudharatan, sehingga dalam hal ini tidak diperbolehkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PLTP, Pencemaran Lingkungan Hidup, Perda tentang PPLH, mas}lah}ah mursalah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Titin Tri Solekhah sdri
Date Deposited: 24 Apr 2023 05:26
Last Modified: 24 Apr 2023 05:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item View Item