ANALISIS SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus di Gudeg Besek Pak Bima Purwokerto Banyumas)

Dewi, Handayani (2023) ANALISIS SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus di Gudeg Besek Pak Bima Purwokerto Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dewi Handayani_Analisis Syariah Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus di Gudeg Besek Pak Bima Purwokerto Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Gudeg Besek Pak Bima merupakan salah satu outlet gudeg yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak pelanggan. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian terkait syariah marketing gudeg besek pak Bima dalam meningkatkan volume penjualan. Tujuannya adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan gudeg besek pak Bima dalam meningkatkan volume penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Aspek yang diteliti yaitu mencakup strategi pemasaran, strategi pemasaran syariah dan volume penjualan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara keseluruhan Gudeg Besek Pak Bima dalam menjalankan opersionalnya telah melakukan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualannya, yaitu dengan menjaga kualitas produk, mempertahankan cita rasa yang khas, dan kualitas pelayanan. 2) menentukan harga yang terjangkau disemua kalangan masyarakat dari yang murah sampai yang mahal agar semua kalangan bisa menikmati gudeg Pak Bima. 3) Melakukan promosi dengan cara membuat banner yang menarik, tidak hanya secara offline tapi juga secara online melalui media sosial dengan mengadakan kuis berhadiah maka gudeg gratis yang terbuka untuk umum. 4) Menyediakan pembelian online sehingga pembeli tidak harus datang ke tempat untuk bisa menikmati gudeg Pak Bima. Jika dilihat dari strategi pemasaran syariah strategi gudeg besek pak Bima dalam meningkatkan volume penjualan sudah menerapkan nilai-nilai syariah. Yaitu jujur, amanah, fatanah, dan tabligh. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pemasaran Syariah, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pemasaran Syariah, Volume Penjualan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Handayani sdri
Date Deposited: 24 Apr 2023 05:16
Last Modified: 24 Apr 2023 05:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item View Item