TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK GANTI RUGI KEHILANGAN BARANG DI TEMPAT PARKIR (Studi Kasus Tempat Parkir di Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas)

Cindi, Anisa Putri (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK GANTI RUGI KEHILANGAN BARANG DI TEMPAT PARKIR (Studi Kasus Tempat Parkir di Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
CINDI ANISA PUTRI_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK GANTI RUGI KEHILANGAN BARANG DI TEMPAT PARKIR).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Parkir merupakan keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya di tempat parkir, maka pelayanan parkir harus diperhatikan karena petugas parkir telah menerima upah dari konsumen pengguna jasa parkir. Namun kehilangan barang ditempat parkir sering menjadi permasalahan hingga memberikan kerugian bagi pengguna jasa parkir. Dalam hukum Islam sewa jasa petugas parkir dikaitkan dengan akad ija>rah dan akan dibolehkan jika sudah memenuhi rukun dan syarat akad yang telah ditetapkan syara' sebagaimana akad yang terjadi pada umumnya, yakni adanya para pihak, objek ija>rah, dan akad. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis, diperkaya dengan data kepustakaan. Metode pengumpulan data dengan cara langsung atau turun langsung kepada objek penelitian di lapangan untuk mendapatkan bukti terkait kejadian dilapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa praktik ganti rugi kehilangan barang di tempat parkir terdapat unsur merugikan secara sepihak bagi pengguna jasa parkir. Karena petugas parkir telah melakukan kelalain dalam menjaga barang yang ada di parkiran yang seharusnya menjadi tanggung jawab petugas parkir, namun mereka tidak pernah melakukan ganti rugi atas perbuatan mereka tersebut. Sehingga para pengguna jasa parkir tidak mendapatkan hak atas tanggung jawab petugas parkir terhadap barang yang hilang, maka terdapat ketidaksesuaian dalam Hukum Islam karena tidak sesuai dengan rukun dan syarat ija>rah. Kata Kunci : Ija>rah, Kehilangan Barang, Petugas Parkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ija>rah, Kehilangan Barang, Petugas Parkir.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: CINDI ANISA PUTRI sdri
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:57
Last Modified: 26 Apr 2023 02:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19131

Actions (login required)

View Item View Item