PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DISABILITAS TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BANJARNEGARA

RIZKA, LAILATUL ISTIJABAH (2023) PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DISABILITAS TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizka Lailatul Istijabah_Pengembangan Kretivitas Siswa Disabilitas Tunarungu di Sekolah Luarbiasa Negeri Banjarnegara.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Luar Biasa Negeri Banjarnegara terletak di JL. Raya Kenteng Rejasa, Madukara, Banjarnegara. Disini juga membuka Pendidikan bagi siswa tingkat TK, SD, SMP, dan SMA. Penulis mengambil penelitian ini mengenai pengembangan kreativitas siswa disabilitas tunarungu tingkat SMA, selain itu penulis juga menggunakan strategi dari Munandar yaitu pribadi, pendorong, proses, produk. Tujuan dari penulis dalam meneliti hal tersebut yaitu agar dapat mengetahui pengembangan kreativitas siswa. Pengembangan kreativitas juga dapat mengasah kemampuan siswa dalam berkreasi sesuai dengan data yang ada dan informasi pada unsur yang ada. Disamping itu siswa disabilitas tunarungu juga berpendapat bahwa mereka memiliki kemampuan dalam menciptakan suatu hal baru. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitiam kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan cara wawancara terstruktur dan pemberian angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengembangan kreativitas siswa disabilitas tunarungu, SLB N Banjarnegara memiliki langkah yang dilakukan yaitu dengan melalui bakat dan minat. Dalam hal ini sekolah melakukan kerjasama dengan orangtua siswa untuk mengetahui minat yang dimiliki sehingga nantinya akan disalurkan dengan kegiatan disekolah dalam mengembangkan bakatnya. Setelah itu guru juga membuat rencana agar siswa yang telah lulus mampu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan siswa. Disisi lain juga menerapkan program pendekatan atau bimbingam home visit dan parenting bagi para walisiswa. Tujuanya yaitu agar walisiswa mampu mengontrol perkembangan anak saat dirumah, serta mampu membandingkan saat disekolah. Kata Kunci: Pengembangan Kreativitas, Tunarungu, State Special Banjarnegara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kreativitas, Tunarungu, State Special Banjarnegara
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.73 Seni Rupa
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizka Lailatul Istijabah
Date Deposited: 19 Apr 2023 09:16
Last Modified: 19 Apr 2023 09:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19105

Actions (login required)

View Item View Item