TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBERIAN DISKON 10% DENGAN SYARAT MEMBAWA SNEAKERS BEKAS DALAM PELAKSANAAN JUAL BELI (Studi Kasus Ventela Shoes Purwokerto)

Tika, Azizah (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBERIAN DISKON 10% DENGAN SYARAT MEMBAWA SNEAKERS BEKAS DALAM PELAKSANAAN JUAL BELI (Studi Kasus Ventela Shoes Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tika Azizah_Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemberian Diskon 10% Dengan Syarat Membawa Sneakers Bekas Dalam Pelaksanaan Jual Beli (Studi Kasus Ventela Shoes Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi penjualan dengan menggunakan diskon sering digunakan untuk meningkatkan penjualan, karena dengan adanya diskon mampu menarik minat pembeli. Salah satu penerapannya terdapat pada Ventela Shoes Purwokerto. Permasalahan yang ada di Ventela Shoes Purwokerto yaitu untuk memperoleh diskon pembeli diberikan syarat oleh penjual untuk membawa sneakers bekas dengan kondisi layak. Kondisi layak di sini masih terdapat ketidakjelasan yang dapat mengakibatkan adanya unsur dirugikan dan unsur garar dari salah satu pihak . Pokok permasalahan yang akan diteliti yaitu tentang bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai pemberian diskon 10% dengan syarat membawa sneakers bekas dalam pelaksanaan jual beli di Ventela Shoes Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian ini menggunakan normatif sosiologi. Sumber data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, internet, hasil penelitian terdahulu dan bahan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Kemudian, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta peneliti menganalisis data penelitian ini menggunakan metode induktif. Penelitian ini menunjukan bahwa, tinjauan hukum Islam dalam praktik pemberian diskon 10% dengan syarat membawa sneakers bekas di Ventela Shoes Purwokerto hukumnya boleh, karena rukun dan syaratnya sudah terpenuhi oleh kedua belah pihak. Adapun yang berkaitan dengan ketidakjelasan pada pekerjaan mengenai kelayakan terhadap sneakers bekas yang dibawa oleh konsumen kepada penjual telah diatasi dengan ketentuan kriteria yakni bersih dan terdapat box sepatu. Disisi lain, hal ini telah sesuai bahwa pemberian diskon dengan membawa sneakers bekas telah memenuhi akad j i’a>lah . Adapun mengenai pelaksanaan jual belinya sah karena rukun dan syarat jual beli telah sesuai dengan syariat Islam. Praktik transaksi penelitian ini menggunakan multi akad yakni jual beli dan akad j i’a>lah hal ini sudah sesuai DSNMUI sehingga hukumnya diperbolehka karena terhindar dari riba, jahalah dan garar . Kata Kunci: Hukum Islam, Diskon, Sneakers, Jual Beli, Ventela Shoes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Diskon, Sneakers, Jual Beli, Ventela Shoes.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tika Azizah sdri
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:30
Last Modified: 18 Apr 2023 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item View Item