IMPLEMENTASI AKAD IJARAH DALAM SEWA LOS WIRANIAGA DAN PENARIKAN RETRIBUSINYA PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO: 112/DSN-MUI/IX/2017 (Studi Kasus Pasar Kebondalem Purwokerto)

Dini, Avriani (2023) IMPLEMENTASI AKAD IJARAH DALAM SEWA LOS WIRANIAGA DAN PENARIKAN RETRIBUSINYA PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO: 112/DSN-MUI/IX/2017 (Studi Kasus Pasar Kebondalem Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINI AVRIANI LENGKAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI AKAD IJARAH DALAM SEWA LOS WIRANIAGA DAN PENARIKAN RETRIBUSINYA PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO: 112/DSN-MUI/IX/2017 (Studi Kasus Pasar Kebondalem Purwokerto) ABSTRAK Dini Avriani NIM. 1617301110 Salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yaitu retribusi daerah. Salah satu brntuk retribusi yang dijalankan adalah adanya sewa Los Wiraniaga di Pasar kebondalem Purwokerto. Sewa menyewa dalam hukum ekonomi syariah disebut ija>rah. Penelitaian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Akad Ija>rah dalam sewa los wiraniaga dan penarikan retribusinya di Pasar Kebondalem Purwokerto Perspektif Fatwa DSN MUI NO: 112/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Ija>rah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif sosiologis dengan cara mengumpulkan, menggambarkan, dan menguraikan data yang diperoleh dari hasil dari suatu aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat dengan kondisi di lapangan untuk dicari korelasinya dengan teori yang berkaitan dalam pembahasan. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penelusuran, membaca dan mencatat, tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasinya, yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa, Praktek penyewaan los di Pasar Kebondalem Purwokerto telah memenuhi ketentuan Fatwa DSN MUI No. 112/DSN-MUI/IX/2017 tentang Ijarah. Mu'jir (penyewa) adalah pedagang wiraniaga dan musta'jir (penyewa los) adalah pengelola pasar. Harga sewa los berukuran 2x2,5 meter ditentukan berdasarkan mahal al-manfa'ah, yaitu manfaat yang diperoleh penyewa, termasuk tempat, kebersihan, dan keamanan. Proses ijab dan kabul sewa los dilakukan dengan kontrak tertulis dan disetujui oleh pedagang, pengelola pasar, dan dinas terkait. Dalam hal ini, praktek sewa los di Pasar Kebondalem Purwokerto berjalan selama 5 tahun dengan biaya sewa Rp. 30.000/perbulan dan tidak ada biaya kontrak. Terdapat 55 los yang aktif dipakai. Praktek sewa los di pasar Kebondalem Purwokerto dianggap sesuai dengan prinsip-prinsip Ijarah dalam Islam karena memenuhi persyaratan perjanjian tertulis dan transparansi harga sewa los. Kata kunci : ijarah, sewa los wiraniaga dan Fatwa DSN MUI NO: 112/DSN-MUI/IX/2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : ijarah, sewa los wiraniaga dan Fatwa DSN MUI NO: 112/DSN-MUI/IX/2017
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Dini Avriani
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:39
Last Modified: 18 Apr 2023 04:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19080

Actions (login required)

View Item View Item