Titin, Parliana (2023) PENGGUNAAN BAHASA JAWA KRAMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KARANGJATI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
TitinParliana_Penggunaan Bahasa Jawa Krama Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karangjati.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang penggunaan bahasa Jawa krama untuk membentuk karakter sopan santun anak usia dini di TK Pertiwi Karangjati Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Bahasa Jawa krama merupakan bahasa yang paling baik di Jawa yang mempunyai nilai dan kedudukan yang tinggi. Bahasa Jawa Krama bisa menjadi alternatif bagi guru guna untuk mendorong perkembangan karakter sopan santun anak usia dini. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskripstif, yaitu menggambarkan proses yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan medel Miles Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Jawa krama untuk membentuk karakter sopan santun di TK Pertiwi Karangjati Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas menggunakan berbagai metode yaitu dengan metode lagu, permainan, keteladanan, tanya jawab, pembiasaan dan cerita. Kata kunci: Bahasa Jawa krama, sopan santun, anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Jawa krama, sopan santun, anak usia dini. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Titin Parliana sdri |
Date Deposited: | 06 May 2023 01:42 |
Last Modified: | 06 May 2023 01:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19070 |
Actions (login required)
View Item |