Sani, Umami (2023) BIMBINGAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA ATTENTION, DEFICIT, HIPERACTIVITY, DISORDER (ADHD) DENGAN ANAK NORMAL DI SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuuddin Zuhri.
|
Text
SANI UMAMI_BIMBINGAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA ATTENTION, DEFICIT, HIPERACTIVITY, DISORDER (ADHD) DENGAN ANAK NORMAL DI SD QARYAH THAYYIBAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Bimbingan Sosial merupakan pedoman untuk mengatasi keadaan batiniah dan mengatasi pergulatan batin pribadi sosial, sehingga individu tersebut dapat mengatur dirinya sendiri dan menjalin hubungan yang baik dengan lingkungannya. Masalah yang dikaji ialah bagaimana perkembangan anak berkebutuhan khusus yang berada di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Informan berjumlah 4 orang. Yang terdiri dari kepala sekolah, koordinator inklusi, wali kelas 4 dan 5. Informan terpilih tersebut dipilih penulis guna memperoleh data tentang perkembangan anak berkebutuhan khusus di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bimbingan Sosial Untuk Mengembangkan Interaksi Sosial Siswa Attention, Deficit, Hiperactivity, Disorder (ADHD) Dengan Anak Normal di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, perkembangan anak berkebutuhan khusus dapat dilihat dengan adanya interaksi sosial. Adapun hasil lain menunjukkan bahwa , interaksi sosial ABK di SD Qaryah Thayyibah berjalan baik. Hasil itu dilihat dari adanya kerja sama berbagai pihak. Adapula faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial ABK dengan anak normal selama proses pembelajaran di sekolah SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Faktor tersebut mencakup faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, minat, dan sikap ABK yang baik dan bakat ABK. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan sosial dan lingkungan non sosial. Lingkungan sosial mencakup keluarga serta sekolah. Faktor lingkungan non sosial mencakup sarana dan prasarana dan keterampilan guru dalam mengajar ABK dikelas. Kata kunci: Bimbingan Sosial, Interaksi Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus ADHD
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Sosial, Interaksi Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus ADHD |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.4 Child Psychology 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.1 Personal Improvement and Analysis 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Sani umami |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:02 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |