UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMA S

Mustofiyah, Dachlani (2023) UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMA S. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

This is the latest version of this item.

[img] Text
MUSTOFIYAH DACHLANI_1617101087.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru BK dalam Meningkatkan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Individu di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas dengan Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Upaya Guru BK dalam Meningkatkan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Individu di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas, 2. Faktor penghambat dan pendukung dalam layanan konseling individu di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas. Fokus penelitian ini adalah upaya yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan minat siswa dalam mengikuti konseling individu. Motode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) upaya yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan minat siswa untuk mengikuti konseling individu dengan cara a) memberikan sosialisasi dan menjelaskan manfaat dan tujuan dari BK disekolah dengan cara bimbingan klaksikan, b) membuat program BK kepada siswa, c) melengkap sarana dan prasarana secara bertahap. 2) faktor penghambat dalam pelayanan konseling individu di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas adalah stigma siswa terhadap guru BK dalam proses meningkatkan minat konseling individu, juga keterbatasan waktu yang tempat yang sangat minim sehingga pelaksanaan konseling kurang maksimal. 3) faktor pendukung dalam pelayanan konseling dengan bekerja sama nya guru BK dengan wali kelas dan juga orang tua dengan begitu guru BK dapat dengan mudah melihat latar belakang siswa yang kurang terbuka dengan guru BK dan juga dengan mudah dalam mengidentifikasi masalah yang sedang dialami oleh siswa. Kata Kunci: Guru BK, Minat, Layanan Konseling Individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Guru BK, Minat, Layanan Konseling Individu.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mustofiyah Dachlani sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 21:19
Last Modified: 17 Apr 2023 21:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19038

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item