PENANGANAN PENGGUNA NARKOBA BERBASIS RELIGI PADA PANTI REHABILITASI NURUL HIKMAH CILONGOK BANYUMAS

Arifah Nur, Khasanah (2023) PENANGANAN PENGGUNA NARKOBA BERBASIS RELIGI PADA PANTI REHABILITASI NURUL HIKMAH CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arifah Nur Khasanah_Penanganan Pengguna Narkoba Berbasis Religi Pada Panti Rehabilitasi Nurul Hikmah Cilongok Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyalahgunaan narkoba adalah masalah yang sangat serius dan membutuhkan solusi yang melibatkan partisipasi aktif dan kerja sama berkelanjutan. Berdasarkan hasil survei, alasan atau latar belakang panti rehabilitasi nurul hikmah yaitu pada tahun 1990 an lingkungan sekitar panti rehabilitasi nurul hikmah dicap sebagai zona merah, karena tidak ada satupun warga yang melaksanakan ibadah. Daerah tersebut dikenal dengan warganya yang kesehariannya berjudi, meminum amer, bermain perempuan, bahkan tidak jarang didaerah tersebut yang hamil diluar nikah. Berlatar belakang tersebut maka di dirikanlah sebuah panti rehabilitasi nurul hikmah. Setelah didirikannya panti rehabilitasi nurul hikmah sudah jarang sekali warga yang kesehariannya judi, bermain perempuan, meminum minuman keras. Peneliti tertarik untuk mengetahui penanganan apa yang digunakan pengasuh panti dalam menangani persoalan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana sumber data digali dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu KH. Nasrudin, Bapak Asep, Mantan klien panti nurul hikmah, dan warga sekitar panti nurul hikmah. Setelah itu data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanganan pengguna narkoba berbasis religi pada panti rehabilitasi nurul hikmah yaitu sesuai dengan teori yaitu menggunakan terapi religi dengan melaksanakan kegiatan sholat sunnah taubat nasuha, sholat sunnah tahajjud, sholat sunnah dhuha, sholat sunnah tasbih, istighosah, mandi taubat, mengaji Al-Qur’an, siraman rohani. Dari beberapa kegiatan religi diatas yang paling berpengaruh dalam proses rehabilitasi narkoba yaitu sholat taubat nasuha dan mandi taubat. Untuk melengkapi strategi religi panti juga melengkapi dengan penangnan bimbingan konseling. Alasannya jika penanganan religi itu rohaninya kalau penanganan bimbingan konseling itu psikologinya, dimana ketika kegiatan bimbingan konseling para klien diberi kesempatan untuk menceritakan masalah yang sedang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi, Religi, Panti Rehabilitasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Arifah Nur Khasanah sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 20:48
Last Modified: 17 Apr 2023 20:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item