KONSEP TAZKIYATUN NAFS DALAM AL-QURAN DAN RELEVANSINYA DENGAN KESEHATAN MENTAL (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB)

khaidar, akbar (2023) KONSEP TAZKIYATUN NAFS DALAM AL-QURAN DAN RELEVANSINYA DENGAN KESEHATAN MENTAL (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
khaidar akbar_ 1617101057.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia sudah dipastikan pernah mengalami gangguan emosional. karena pada dasarnya emosi ialah modal dasar untuk seseorang dalam menjalankan keseharian kehidupan. manusia memiliki tingkat emosional yang berbeda. Emosi manusia terlihat jelas dari ekspresi wajah seperti : bahagia, sedih, cemas, cemburu, malu, ketakutan, harapan. emosi yang terjadi dalam diri manusia karena adanya konflik atau permasalahan yang dialami manusia itu sendiri merupakan penyakit yang mengganggu diri manusia. Hal seperti ini terjadi akibat kurangnya pedekatan antara manusia dengan Tuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami konsep Tazkiyatun nafs pada tafsir Al-Misbah dan memahami kaitannya terhadap kesehatan mental. Jenis riset yang dipergunakan peneliti ialah riset kepustakaan (library research) yakni aktivitas riset yang dijalankan melalui pengumpulan informasi perihal beragam literatur di perpustakaan, dll. Metode atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen. Metode analisis data data pada riset berikut ialah dengan content analysis. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, hasil penelitian menunjukan bahwa Tazkiyatun Nafs dalam Al-Qur’an perspektif M. Quraish Shihab adalah proses penyucian jiwa dari perbuatan syirik dan dosa, pengembangan jiwa manusia mewujudkan potensi-potensi menjadi kualitas-kualitas moral yang luhur (akhlakul hasanah), proses pertumbuhan, pembinaan akhlakul karimah (moralitas yang mulia) dalam diri dan kehidupan manusia. tazkiyatun nafs dapat membuat manusia menjadi memiliki kesehatan mental yang baik dan mampu mencegah sifat-sifat tercela masuk ke dalam diri manusia yang dapat membuat gangguan kesehatan mental. Metode-metode yang dapat digunakan dalam tazkiyatun nafs dalam melaksanakan penyembuhan gangguan kesehatan mental yaitu dengan takhalli (pengosongan diri dari sifat tercela), tahalli (menghiasi diri dengan akhlak terpuji), tajalli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsep, Tazkiyatun Nafs, Kesehatan Mental, Al-Quran, Tafsir Al-Mishbah.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.32 Tafsur Sunni (Tahlili, Bil Ma'tsur, Bir Ra'yi, Falsafi, Sufi)
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: khaidar akbar sdr
Date Deposited: 17 Apr 2023 20:46
Last Modified: 17 Apr 2023 20:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19022

Actions (login required)

View Item View Item