STUDI PERUBAHAN MASYARAKAT KEAGAMAAN TERHADAP PENGATURAN COVID 19 (STUDI KASUS DI DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS)

ROZIKOH, KURNIATI (2023) STUDI PERUBAHAN MASYARAKAT KEAGAMAAN TERHADAP PENGATURAN COVID 19 (STUDI KASUS DI DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROZIKOH KURNIATI STUDI PERUBAHAN MASYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ada awal 2020 di Indonesia telah terjadi musibah non bencana alam yang begitu besar yaitu, Coronavirus Disease 19 (COVID 19). Pandemi COVID 19 telah merubah berbagai aspek dalam keseharian masyarakat, khususnya dipedesaan. Penelitian ini menelaah tentang respon masyarakat mengenai peribadatan selama pandemi COVID 19 dan bagaimana perubahan aktivitas peribadatan selama pandemi COVID 19 di Desa Kedungwringin Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengadakan pengamatan serta menganalisis secara langsung data yang diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Skripsi ini menggunakan teori perubahan sosial Selo Soemardjan. Hasil dari penelitian ini menunjukan respon dari masyarakat, tidak semua masyarakat merespon dengan baik dan langsung menerima peraturan tentang peribadatan keagamaan selama masa pandemi COVID 19, serta perubahan peribadatan keagamaan selama masa pandemi. Peribadatan keagamaan banyak mengalami perubahan dimana sebelum COVID 19 kegiatan peribadatan dilaksanakan ditempat ibadah atau ruang public namun setelah pandemi muncul segala aktivitas keagamaan mulai dibatasi dan dianjurkan untuk dilakukan dirumah, setelah masa pandemi masyarakat mulai dengan tatanan baru yang dinamakan New normal,masyarakat dapat melakukan aktivitas keagamaan secara normal tetapi dengan menggunakan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, perubahan, COVID 19
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rozikoh Kurniati sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 20:41
Last Modified: 17 Apr 2023 20:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item View Item