REPRESENTASI KOMUNIKASI KELUARGA KEPADA ANAK DISABILITAS DALAM FILM KARTUN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM ME-DIA SOSIAL YOUTUBE NUSSA OFFICIAL )

Susyanti, Susyanti (2023) REPRESENTASI KOMUNIKASI KELUARGA KEPADA ANAK DISABILITAS DALAM FILM KARTUN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM ME-DIA SOSIAL YOUTUBE NUSSA OFFICIAL ). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUSYANTI_REPRESENTASI KOMUNIKASI KELUARGA KEPADA ANAK DISABILITAS DALAM FILM KARTUN (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Media Sosial Youtube Nussa Official).pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Abstrak Serial Kartun Nussa dan Rara merupakan kartun edukasi Indonesia berce-ritakan tentang bagaimana kehidupan sehari-hari yangdialami oleh dua saudara kandung bernama Nussa dan Rara. Animasi ini mengambil tema agama Islam yang dipadu yangmemberikan nilai positif pada setiap episodenya dengan judul yang berbeda-beda. Namun Karakter Nussa digambarkan sebagai penyandang disabilitas. Terlihat pada kaki kiri Nussa yang menggunakan kaki palsu. Berdasarakan teori representasi Stuart Hall yang digunakan penulis repre-sentasi bukan hanya untuk menyajikan (to present), untuk membanyangkan atau imajinasi (to image), atau untuk melukiskan (to depict) namun lebih dari itu repre-sentasi mengacu pada bagaimana cara memaknai objek atau peritiwa yang ter-gambarkan. Menurut Stuart Hall konsep- konsep atau ide yang telah dipahami me-lalui alat inderawi dan dituangkan dalam bentuk kata-kata untuk mendapatkan makna tentang sesuatu. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori semiotikaRoland Barthes. semiotika Barthes dalam penelitian ini dikarenakan ingin mengetahui makna-makna yang berkaitan dengan disabilitasyang ada di dalam serial “Nussa dan Ra-ra”. Semiotika Barthes merupakan penyempurnaan dari Saussure yang berhenti pada penandaan dalam tataran denotasi untuk kemudian dilanjutkan pada tataran konotasi. Semiotika jenis ini tidak hanya meneliti penanda danpetanda, tetapi juga hubungan yang mengikat mereka secara keseluruhan. Representasi penyandang disabilitas karakter Nussa pada Serial Kartun Nussa dan Rara mengarah kepada representasi yang positif. Tokoh Nussa digam-barkan sebagai penyandang disabilitas tunadaksa(kelainan tubuh) dan direpresen-tasikan sebagai kaka yang baik untuk adiknya, seorang pemimpin untuk keluar-ganya, patut dijadikanpanutan, pandai ilmu agama, dan dapat diandalkan. Kata Kunci: Representasi, Nussa, Penyandang Disabilitas, Serial Kartun Nussa dan Rara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Nussa, Penyandang Disabilitas, Serial Kartun Nussa dan Rara
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Susyanti Susyanti sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 19:15
Last Modified: 17 Apr 2023 19:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item