PERANAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ANGGOTA TANI (STUDI KASUS GAPOKTAN TANIMULYA DESA JATIMULYO KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN)

Khabib, Abdul Khalim (2023) PERANAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ANGGOTA TANI (STUDI KASUS GAPOKTAN TANIMULYA DESA JATIMULYO KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHABIB ABDUL KHALIM_PERANAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ANGGOTA TANI (STUDI KASUS GAPOKTAN TANIMULYA DESA JATIMULYO KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Desa Jatimulyo sebagian bermata pencaharian sebagai petani. Mereka mengandalkan cara - cara tradisional dalam bercocok tanam sehingga tingkat ekonominya tergolong rendah karena pendapatan tidak stabil yang disebabkan oleh beberapa faktor meliputi modal,tekonologi, sarana prasarana, cuaca dan pengetahuan yang minim tentang pemberdayaan pertanian dan hal tersebut yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Gapoktan Tanimulya dalam upaya meningkatkan pendapatan anggota tani. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Objek dari Penelitian ini adalah Peran Gabungan Kelompok Tani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi desa jatimulyo. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta gabungan dari keduanya atau triangulasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Gabungan Kelompok Tani dalam upaya meningkatkan anggota tani di Desa Jatimulyo. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dengan dibentuknya gabungan kelompok tani di Desa Jatimulyo mampu meningkatkan pendapatan para anggotanya. Gapoktan Tanimulya berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan perubahan pada anggotanya agar lebih mandiri dan berdaya saing. Adapun berbagai peran yang telah dilaksanakan Gapoktan Tanimulya yaitu Sebagai Penyedia Kebutuhan Usaha Tani, Pemasaran Hasil secara kolektif, pelatihan kelompok tani, kartu tani dan penyediaan bibit. Bedasarkan hasil wawancara dengan ketua Gapoktan Tanimulya, menurut beliau kondisi perekonomian yang dirasakan anggotanaya setelah mengikuti program-program yang diberikan oleh Gapoktan Tanimulya dapat memperbaiki perekonomian mereka menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, GAPOKTAN, Pendapatan, Anggota Tani Jatimulyo
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khabib abdul khalim sdr
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:00
Last Modified: 17 Apr 2023 07:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item