PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Yusril Ihya, Nureza (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUSRIL IHYA NUREZA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh variabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Modern Al Azhary Ajibarang. Hal penting dilakukan untuk membuktikan dan menguji teori lingkungan belajar serta mempelajari apa saja yang bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga dapat dijadikan suatu pedoman dalam memahami siswa dalam kegiatan proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan regresi linear sederhana yang berguna untuk memahami hubungan antar variabelnya. Penelitian ini dibantu menggunakan alat analisis yang digunakan yaitu IMB SPSS Ver 25. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Modern Al Azhary Ajibarang. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini bermakna bahwa ketika lingkungan belajar siswa seperti lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat saling mendukung, maka prestasi belajar pada mata pelajaran fikih siswa akan meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fikih, Kuantitatif, Lingkungan belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusril ihya nureza sdr
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:39
Last Modified: 17 Apr 2023 05:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18931

Actions (login required)

View Item View Item