SUSRIYATI, 092338075 (2015) v KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.
Text
SUSRYATI_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MUHAMMADIYAH PEKUNCEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Guru merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan keberhasilan suatu proses pendidikan. Selain harus berakhlak mulia, seorang guru juga harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas serta berkompeten dibidangilmu yang diajarkannya. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang didalamnya terdapat beberapa kompetensi diantaranya kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dari sekian kompetensi yang ada yang akan dibahas adalah kompetensi profesional. Rumusan masalah dalam penelitian tentang kompetensi profesional gururumpun pendidikan agama Islam di MTs Muhammadiyah Pekuncen Kabupaten Banyumas adalah ”Bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di MTs Muhammadiyah Pekuncen Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi profesional gururumpun pendidikan agama Islam di MTs Muhammadiyah Pekuncen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik ini penelitimerangkumdan menganalisis setiap data-data yang diperolehsehinggamendapatkankesimpulan, dan data-data tersebut disajikan dalam bentuk teks naratif dengan tujuan agar data-data tersebut dapat mudah dibaca dan dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi profesional sudah sebagian besar terpenuhi oleh gururumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Muhammadiyah Pekuncen Kabupaten Banyumas. Kompetensi tersebut meliputi penguasaan guru PAI terhadap materi pembelajaran, penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu,kemampuan guru PAI dalam mengembangkan pembelajaran yang kreatif, kemampuan guru PAI dalam mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan, serta kemampuan guru PAI dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi profesional, guru PAI. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 03:24 |
Last Modified: | 13 Dec 2016 03:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1892 |
Actions (login required)
View Item |