PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH BAGI ANAK DI TPQ AL-FALAH DESA BAKAL KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA IVKA ZUHROTUN NAJIHA

Ivka Zuhrotun Najiha, 1123301015 (2015) PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH BAGI ANAK DI TPQ AL-FALAH DESA BAKAL KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA IVKA ZUHROTUN NAJIHA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
IVKA ZUHROTUN NAJIHA_Pembinaan akhlakul karimah bagi anak di TPQ Al-Falah desa Bakal kec. Batur kab. Banjarnegara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya setiap orang tua menginginkan anak-anak yang cerdas dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan orang tua, lingkungan serta pendidikan merupakan hal penting dalam tumbuh kembang anak. Sejumlah faktor yang berasal dari keluarga dan lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan dan perilakunya dalam kehidupan. lingkungan-lingkungan yang ada pada saat ini lebih banyak yang di anggap sebagai penyebab terjadinya dedikasi akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembinaan akhlakul karimah bagi anak di TPQ Al-Falah dan hasil dari pembinaan aklhakul karimah bagi anak di TPQ Al-Falah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di TPQ Al-Falah Desa Bakal Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Sumjek dalam penelitian ini yaitu Ustadz Ustadzah, santri, dan wali santri TPQ Al-Falah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan setelah proses pengumpulan data. Dengan demikian pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan diikuti oleh pekerjaan menuliskan, mengedit, mengklarifikasi, mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan akhlakul karimah bagi anak di TPQ Al-Falah dilakukan melalui berbagai kegiatan yaitu 1) hafalan bacaan shalat dan raktik shalat, hafalan doa sehari-hari, hafalan surat pendek, hafalan doa wudhu dan praktik wudhu, shalat berjama’ah setiap Maghrib dan isya dan penanaman sifat-sifat terpuji. 2) materi yang di ajarkan yang berkaitan dengan pembinaan akhlak, akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap Rasulullah, akhlak terhadap Diri sendiri, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak terhadap lingkungan. 3) metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak yaitu metode keteladanan, metode perintah larangan, metode nasihat, metode bersikap adil, metode hukuman dan metode pembiasaan. Embiasaan akhlakul karimah di TPQ Al-Falah dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dibuktikan dengan kebiasaan dan perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari mereka. Anak-anak yang mengikuti pendidikan di TPQ Al-Falah sopan dalam tutur katanya, sopan dalam penampilan dan selalu mengerjakan shalat lima waktu dan menjaga lingkungan sekitar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan akhlakul karimah, Anak, Taman Pendidikan Al- Qur’an.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:20
Last Modified: 13 Dec 2016 03:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item