Pengaruh motivasi Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X di SMKN 14 Garut

Ai, Rohilah (2023) Pengaruh motivasi Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X di SMKN 14 Garut. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ai Rohilah_Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X di SMKN 14 Garut.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan atau keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu agar mencapai suatu target tertentu. Selain itu keyakinan (self efficacy) akan kemampuan diri sendiri juga penting dalam proses pembelajaran. Salah satu faktor penentu keberhasilan siswa dalam belajar di sekolah adalah motivasi belajar siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X SMKN 14 Garut. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 306 siswa yang tersebar di lima jurusan dengan sampel penelitian sebanyak 173 siswa yang ditentukan dengan berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket untuk mengukur motivasi belajar dan self efficacy dan soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Secara simultan motivasi belajar dan self efficacy memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman sebesar 13,9%. Secara parsial motivasi memberikan pengaruh sebesar 7,3% , dan self efficacy memberikan pengaruh sebesar 7%. Kata kunci : Motivasi Belajar, Self Efficacy, Kemampuan Pemahaman Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Self Efficacy, Kemampuan Pemahaman Matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Ai Rohilah
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:44
Last Modified: 17 Apr 2023 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18909

Actions (login required)

View Item View Item