PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 CILACAP

Khilmatun, Nisa (2023) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khilmatun Nisa_Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran merupakan kemampuan penting yang harus dikuasai peserta didik dalam belajar matematika karena tujuan pembelajaran matematika yaitu menggunakan penalaran pada bentuk serta sifat, dapat melaksanakan manipulasi matematika untuk membuat generalisasi serta menyusun fakta, ataupun memaparkan gagasan serta pernyataan matematika. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematis peserta didik yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Dalam faktor internal terdapat salah satu aspek pengetahuan diri yaitu self efficacy. Menurut Bandura self efficacy adalah keyakinan diri seseorang akan kemampuan-kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menghasilkan suatu hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Cilacap. Jenis pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Cilacap. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 163 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket digunakan untuk mengukur variabel self efficacy dan instrumen tes digunakan untuk mengukur variabel penalaran matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Cilacap. Besarnya pengaruh self efficacy diketahui berdasarkan nilai koefesien determinasi sebesar 0,095 atau 9,5%. Hal ini menujukkan bahwa self efficacy berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Cilacap sebesar 9,5% dan sisanya 90,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Matematika, Self Efficacy
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Khilmatun Nisa
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:18
Last Modified: 17 Apr 2023 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item